Jumat, 12 April 2013

STRUKTUR ORGANISASI BIDANG KEHUTANAN



STRUKTUR ORGANISASI BIDANG KEHUTANAN

Struktur organisasi adalah suatu gambaran  tentang hubungan kerja dalam rangka mencapai tujuan bersama yaitu dengan cara menetapkan hubungan antar pegawai yang melaksanakan tugasnya,  sehingga memegang peranan penting dalam pembagian fungsi-fungsi dan wewenamg serta tanggung jawab dalam hubungan kerjasama antar satu dengan lainnya.
Sebagai implikasi dari pemberlakuan UU Nomor  32  Tahun 2004 dan PP Nomor 41 tahun 2007, maka organisasi Dinas Kehutanan Kab. Enrekang ditetapkan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Enrekang Nomor 5 Tahun 2008, dengan struktur sebagai berikut :
a. Kepala Dinas;
b. Sekretariat :
1. Sub Bagian Perencanaan;
2. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian ; dan
3. Sub Bagian Keuangan.
c. Bidang Pengusahaan Hutan :
1. Seksi Pengelolaan dan Pemanfaatan Hutan;
2. Seksi Pengolahan & Peredaran Hasil Hutan; dan
3. Seksi Penatausahaan & Iuran Hasil Hutan.
d. Bidang Perlindungan dan Keamanan Hutan:
1. Seksi Perlindungan & Pengendalian Kerusakan Hutan;
3. Seksi Kawasan & Perpetaan Hutan;
e. Bidang Pembinaan Hutan & Pemulihan Lahan:
1. Seksi Konservasi;
2. Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan; dan
3. Seksi Aneka Usaha Hutan & Perhutanan Sosial.
URAIAN TUGAS DAN FUNGSI
KEPALA DINAS
(1) Dinas Kehutanan dipimpin oleh seorang Kepala Dinas, mempunyai tugas memimpin Dinas Kehutanan Kabupaten Enrekang dalam hal melaksanakan urusan Kehutanan dan penyelenggaraan pelayanan sesuai bidang tugasnya.
(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Dinas Kehutanan, mempunyai fungsi:
a. Penyelenggaraan dan Pembinaan Kesekretariatan Dinas;
b. Penyelenggaraan dan Pembinaan di bidang pengelolaan hutan dan pemanfaatan hutan;
c. Peyelenggaraan dan Pembinaan di bidang perlindungan dan keamanan hutan;
d. Penyelenggaraan dan Pembinaan di bidang pemulihan lahan hutan;
e. Penyelenggaraan dan pembinaan di bidang informasi dan penyuluhan kehutanan; dan
f. Pembinaan terhadap Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD).
Uraian Tugas Kepala Dinas Kehutanan adalah sebagai berikut :
a. Menyusun dan menetapkan Rencana Strategis Dinas;
b. Menyusun dan menetapkan Rencana Anggaran Satuan Kerja Dinas Kehutanan;
c. Mengkoordinasikan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Dinas dengan instansi terkait;
d. Mengkoordinasikan dengan Sekretariat dan Bidang-Bidang Lingkup Dinas Kehutanan;
e. Mengarahkan pelaksanaan Rencana Strategis kedalam Rencana Anggaran Satuan Kerja Dinas Kehutanan;
f. Menyelenggarakan Perumusan Penetapan Kinerja Unit Kerjanya;
g. Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan pengkajian dan perumusan kebijakan teknis dalam rangka pelaksanaan urusan daerah dibidang Kehutanan;
h. Menyelenggarakan pembinaan terhadap UPT dan menfasilitasi peran serta masyarakat di Bidang Kehutanan;
i. Menjalin Kerjasama dengan pemanfaat dan pemerhati bidang Kehutanan;
j. Menerima dan menindak lanjuti data dan informasi di lingkup Dinas Kehutanan;
k. Merumuskan dan menetapkan alternatif pemecahan masalah dan konsep serta naskah dinas hasil kerja bawahan;
l. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati;
m. Menyampaikan telaahan staf kepada Bupati sesuai dengan bidang tugasnya;
n. Menyelenggarakan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas Kehutanan;
o. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Strategis dan rencana Anggaran Satuan Kerja Dinas secara berkala;
p. Membuat laporan secara berkala dan Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah (LAKIP) Dinas Kehutanan, Pertambangan dan Energi; dan
q. Melakukan penilaian hasil prestasi kerja dalam DP-3.
SEKERTARIS
(1) Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris, mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam pengaturan,pembinaan,pemberdayaan, dan pengawasan tugas – tugas pada semua Bidang yang ada dalam lingkup Dinas Kehutanan,termasuk urusan umum dan ketatlaksanaan perencanaan,keuangan , umum dan kepegawaian lingkup Sekretariat Dinas
(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretaris, mempunyai fungsi :
a. Menyusun kebijakan teknis administrasi kepegawaian ,keuangan, perencanaan,pelaporan dan urusan rumah tangga Dinas,serta menyelenggarakan kebijakan administrasi umum;
b. Melakukan pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian ,pengawasan dan pemberdayaan serta evaluasi program dan kegiatan pada semua bidang dan lingkup sekretariat dinas;
Uraian Tugas Sekretaris adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari paraturan perundang – undangan dan ketentuan lainnya untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
b. Merencanakan operasional pengelolaan administrasi umum, kepegawaian, perencanaan,pelaporan dan keuangan lingkup sekretariat dinas;
c. Mengkoordinasikan penyusunan program dan rencana penanganan tugas – tugas Kehutanan pada semua bidang, termasuk urusan perencanaan ,kepegawaian , umum,keuangan dalam lingkup Dinas;
d. Memberikan pelayanan teknis administrasi kepada bidang – bidang dan sekretariat dalam di lingkungan Dinas dalam rangka pelaksanaan tugas dinas;
e. Melakukan monitoring, evaluasi,pelaporan kegiatan pada semua bdiang dalam rangka kelancaran tugas-tugas Kehutanan;
f. Melaksanakan pembinaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia/ SDM semua Staf Dinas;
g. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pertimbnagan dalam pengembangan Karier;
h. Menginventarisasi permasalahan pada sekretariat dan semua bidang dan mencari solusi pemecahannya;
i. Menyiapkan dan menyusun bahan laporan akuntabilitas Kinerja ( LAKIP ) dinas;
j. Memberikan saran pertimbangan teknis administrasi kepada pimpinan ;
k. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada pimpinan;
l. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh pimpinan
Sub Bagian Perencanaan
Sub Bagian Perencanaan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian, mempunyai tugas melaksanakan pengkajian, pengumpulan dan penyiapan bahan sesuai kebutuhan perencanaan Dinas.
Uraian Tugas Sub Bagian Perencanaa, adalah sebagai berikut :
a. Menyiapkan rancangan Rencana Strategis Sub Bagian Perencanaan;
b. Menyiapkan rancangan Rencana Anggaran Satuan Kerja Sub Bagian Perencanaan;
c. Mengkoordinasikan Rancangan Rencana Strategis dan Rancangan Rencana Anggaran Satuan Kerja Sub Bagian serta Dokumen Penetapan Kinerja Bagian dengan Sekretaris, Kepala Sub Bagian Keuangan dan Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
d. Membina dan mengkoordinir tugas-tugas kerja di lingkup Sub Bagiannya;
e. Membantu Kepala Dinas dalam pembinaan dan pengembangan pegawai dilingkup Sub Bagiannya;
f. Melaksanakan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Sub Bagian;
g. Melaksanakan Pengkajian dan perumusan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelaksanaan Tugas Pekerjaan Sub Bagian Perencanaan;
h. Melaksanakan pemantauan, monitoring dan evaluasi Pelaksanaan SOP Sub Bagian;
i. Menghimpun dan mempelajari Peraturan perundang Undangan, Kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan penyelenggaraan perumusan Visi, Misi, Renstra dan Renja Dinas;
j. Mengkoordinasikan, menghimpun dan memverifikasi Renstra dan Renja dari masing-masing Bidang;
k. Mengumpulkan mengolah data dan informasi, menginventarisasi permasalahan permasalahan serta melaksanakan pemecahan permasalahan yang berhubungan dengan tugas-tugas Perencanaan Dinas;
l. Menyiapkan bahan pelaksanaan koordinasi instansi vertikal dan perangkat daerah lainnya dengan Dinas;
m. Menghimpun, mengklarifikasi dan menyusun data statistik Perencanaan Dinas Kehutanan;
n. Membantu Sekretaris dalam rangka Menghimpun dan merumuskan Penetapan Kinerja dan Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah (LAKIP) Dinas Kehutanan;
o. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Sub Bagian secara berkala; dan
p. Melaksanakan Tugas Kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugasnya.
Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian, mempunyai melaksanakan urusan surat menyurat, kearsipan, perpustakaan, dokumentasi, perlengkapan dan urusan rumah tangga Dinas.
Uraian Tugas Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian adalah sebagai berikut :
a. Menyiapkan dan mengajukan rancangan Rencana Strategis Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
b. Menyiapkan dan merumuskankan Rencana Kerja Anggaran Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
c. Mengkoordinasikan Rencana Strategis dan Rencana Kerja Anggaran Sub Bagian dengan Sekretaris Dinas dan Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Kepala Sub Bagian Keuangan;
d. Mengkoordinasikan tugas-tugas kerja dilingkup Sub Bagian;
e. Menyiapkan bahan koordinasi dalam melaksanakan tugas Dinas dan memberikan pelayanan administratif dan fungsional kepada unsur di lingkup Dinas;
f. Memberikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris Dinas dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
g. Mengadakan pembinaan dan pengendalian terhadap tugas Sub Bagian;
h. Menghimpun, mengolah, menggandakan dan menyimpan dokumen laporan Kepegawian, Inventaris Barang dam Perlengkapan serta urusan Rumah Tangga Dinas secara rapi;
i. Membantu Kepala Dinas dalam pengelolaan urusan-urusan Administrasi barang inventaris dan Kepegawaian Dinas;
j. Menghimpun dan mengkompilasi Dokumen kepegawaian, surat menyurat dan inventaris barang dari Bidang lingkup Dinas Kehutanan;
k. Menghimpun, memverifikasi dan memelihara dokumen dan Informasi Kepegawaian, surat menyurat dan barang inventaris, serta perpustakaan Dinas;
l. Mengelola Administrasi Kepegawaian dan Barang Inventaris serta perpustakaan Dinas;
m. Membantu Kepala Dinas dalam Pembinaan dan pengembangan pegawai dilingkup Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
n. Menerima dan memproses serta mendistribusikan surat, dokumen Barang Inventaris dan Kepegawaian;
o. Mengadakan dan mendistribusikan perlengkapan rumah tangga dan inventaris barang Dinas;
p. Melaksanakan pengurusan Administrasi Perjalanan Dinas;
q. Membuat telaahan staf kepada pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya;
r. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;
s. Melakukan pengawasan pelaksanaan tugas Sub Bagian;
t. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Sub Bagian secara berkala; dan
u. Membuat laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

Sub Bagian Keuangan
Sub Bagian Keuangan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian, mempunyai tugas melaksanakan urusan Penata Usahaan Administrasi Keuangan serta merumuskan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas, melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas-tugas di Sub Bagian serta membuat laporan secara berkala.
Uraian Tugas Kepala Sub Bagian Keuangan adalah sebagai berikut :
a. Menyiapkan dan mengajukan rancangan Rencana Strategis Sub Bagian Keuangan ;
b. Menyiapkan dan merumuskan Rencana Kerja Anggaran Sub Bagian Keuangan;
c. Mengkoordinasikan Rencana Strategis dan Rencana Kerja Anggaran Sub Bagian dengan Sekretaris Dinas Kepala Sub Bagian Perencanaan, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;
d. Melaksanakan Pengkajian dan perumusan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelaksanaan Tugas Pekerjaan Sub Bagian;
e. Melaksanakan pemantauan, monitoring dan evaluasi Pelaksanaan SOP Sub Bagian;
f. Mengkoordinasikan tugas-tugas kerja dilingkup Sub Bagian;
g. Membantu Sekretaris dalam pengelolaan urusan-urusan Keuangan dan Program kegiatan Dinas;
h. Membantu Sekretaris dalam Pembinaan dan pengembangan pegawai dilingkup Sub Bagian Keuangan;
i. Menerima dan memproses serta mendistribusikan surat dan dokumen Keuangan dan program kegiatan Dinas;
j. Melaksanakan Rencana Strategis dan Rencana Kerja Anggaran Sub Bagian Keuangan;
k. Melaksanakan dan mengkoordinasikan perumusan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas;
l. Menghimpun dan memverifikasi terhadap dokumen Pertanggungjawaban keuangan Dinas;
m. Melaksanakan telaahan staf kepada pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya;
n. Membantu Sekretaris dalam rangka Menghimpun dan merumuskan Penetapan Kinerja dan Laporan Akuntabilitas Kinertja Instansi Pemerintah (LAKIP) Dinas Kehutanan;
o. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya;
p. Melakukan pengawasan pelaksanaan tugas Sub Bagian;
q. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Strategis dan rencana Anggaran Satuan Kerja Sub Bagian secara berkala; dan
r. Membuat laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Keuangan.
Bidang Pengusahaan Hutan
(1) Bidang Pengusahaan Hutan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang mempunyai tugas; membina dan mengkoordinir Kepala Kepala Seksi dilingkup Bidang Pengusahaan Hutan, serta Menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan Pengusahaan Hutan;
(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Bidang Pengusahaan Hutan mempunyai fungsi :
a. Penyelenggaraan dan pembinaan Pengelolaan dan Pemanfaatan Hutan;
b. Penyelenggaraan dan Pembinaan Pengolahan dan Peredaran Hasil Hutan;
c. Penyelenggaraan dan Pembinaan Penatausahaan dan Iuran Hasil Hutan.
Uraian Tugas Kepala Bidang Pengusahaan Hutan, adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari perturan perundang – undangan dan ketentuan lainnya yang menyangkut pengusahaan hutan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;
b. Menyusun Rencana Strategis Bidang Pengusahaan hutan;
c. Menyusun Rencana Anggaran Satuan Kerja Bidang Pengusahaan Hutan;
d. Mengkoordinasikan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Bidang dengan Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas serta Kepala-Kepala Bidang lainnya Lingkup Dinas Kehutanan;
e. Membina dan Mengkoordinir unit-unit kerja di lingkup Bidang Pengusahaan Hutan;
f. Menyelenggarakan Perumusan Penetapan Kinerja Bidang dalam rangka Penetapan Kinerja Dinas;
g. Mendistribusikan Tugas kepada Seksi- Seksi dilingkup Bidang Pengusahaan Hutan;
h. Membantu Kepala Dinas dalam Pembinaan dan Pengembangan Pegawai di lingkup Bidang Pengusahaan Hutan;
i. Menyelenggarakan Penyusunan Penetapan Kinerja Bidang Pengusahaan Hutan dalam rangka Penetapan Kinerja Dinas;
j. Menyiapkan semua peraturan perundang-undangan sebagai dasar dlam pelaksanaan tugas-tugas bidang pengembangan usaha hutan;
k. Melaksanaan pembinaan, pengendalian dan pengawasan terhadap produksi dan peredaran hasil hutan dan Memberdayakan kelompok masyarakat disekitar Kawasan Hutan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.
l. Menyusun Juknis dan Juklak atas semua kegiatan pada bidangnya, dan Menyusun Data Statistik, Data Potensi, Neraca Hutan dan data lainnya.
m. Membina dan Menyiapkan informasi dan melakukan pelayanan prima terhadap perijinan usaha maupun pelayanan umum kepada masyarakat.
n. Melaksanakan telaahan staf kepada pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya;
o. Mengelola administrasi urusan tertentu.
p. Mengevaluasi hasil Program kerja.
q. Menyusun Laporan hasil kegiatan
r. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan
Seksi Pengelolaan dan Pemanfaatan Hutan
Seksi Pengelolaan dan Pemanfaatan Hutan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan bimbingan di bidang Pengelolaan dan Pemanfaatan Hutan.
Uraian Tugas Kepala Seksi Pengelolaan dan Pemanfaatan Hutan, adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari perturan perundang – undangan dan ketentuan lainnya yang menyangkut pengelolaan dan pemanfaatan hutan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas
b. Menyiapkan rancangan Rencana Strategis Seksi Pengelolaan dan Pemanfaatan Hutan;
c. Menyiapkan rancangan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi Pengelolaan dan Pemanfaatan Hutan;
d. Mengkoordinasikan Rancangan Rencana Strategis dan Rancangan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi dengan Kepala Bidang Pengusahaan Hutan, Kepala Seksi Pengolahan dan Peredaran Hasil Hutan dan Kepala Seksi Penatausahaan dan Iuran Hasil Hutan ;
e. Membina dan mengkoordinir tugas-tugas kerja dilingkup seksinya;
f. Membantu Kepala Dinas dalam pembinaan dan pengembangan pegawai dilingkup seksinya;
g. Melaksanakan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksinya;
h. Mendistribusikan tugas dan memberi petunjuk Pelaksanaan Kegiatan kepada bawahan sesuai dengan tugas seksi;
i. Melaksanakan Pengkajian dan perumusan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelaksanaan Tugas Pekerjaan Pengelolaan dan Pemanfaatan Hutan;
j. Melaksanakan pemantauan, monitoring dan evaluasi Pelaksanaan SOP Seksinya;
k. Melaksanakan pengembangan usaha ekonomi masyarakat disekitar kawasan hutan;
l. Menyusun pembinaan pengembangan aneka usaha di bidang kehutanan;
m. Melaksanakan Bimbingan teknis pelaksanaan pengelolaan dan pemanfaatan hutan;
n. Melaksanakan Pengawasan, pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan pengelolaan dan pemanfaatan Hutan;
o. Melaksanakan telaahan staf dan pertimbangan kepada atasan sesuai dengan bidang tugasnya;
p. Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Seksi;
q. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan Tugas Pokok dan fungsinya;
r. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi secara berkala;
s. Membantu Kepala Bidang dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Seksi Rehabilitasi dan konservasi;
Seksi Pengolahan dan Peredaran Hasil Hutan
Seksi Pengolahan dan Peredaran Hasil Hutan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan bimbingan di bidang Pengolahan dan Peredaran Hasil Hutan.
Uraian Tugas Kepala Seksi Pengolahan dan Peredaran Hasil Hutan, adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari perturan perundang – undangan dan ketentuan lainnya yang menyangkut pengolahan dan perederan hasil hutan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas
b. Menyiapkan rancangan Rencana Strategis Seksi Pengolahan dan Peredaran Hasil Hutan;
c. Menyiapkan rancangan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi Pengolahan dan Peredaran Hasil Hutan;
d. Mengkoordinasikan Rancangan Rencana Strategis dan Rancangan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi Pengolahan dan Peredaran Hasil Hutan dengan Kepala Bidang Pengusahaan Hutan, Kepala Seksi Pengelolaan dan Pemanfaatan Hutan dan Kepala Seksi Penatausahaan dan Iuran Hasil Hutan;
e. Membina dan mengkoordinir tugas-tugas kerja di seksinya;
f. Membantu Kepala Dinas dalam pembinaan dan pengembangan pegawai dilingkup seksinya;
g. Melaksanakan Pengkajian dan perumusan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelaksanaan Tugas Pekerjaan pengolahan dan peredaran hasil hutan;
h. Melaksanakan pemantauan, monitoring dan evaluasi Pelaksanaan SOP Seksinya;
i. Melaksanakan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi Pengolahan dan peredaran Hasil Hutan;
j. Menyiapkan dan melaksanakan bimbingan dan pengendalian peredaran hasil hutan;
k. Membuat rencana pemanfaatan dan pemungutan hasil, hutan kayu dan non kayu;
l. Mengkoordinasikan aktivitas produksi dan peredaran hasil hutan dengan Instansi tekait;
m. Melaksanakan dan mengkoordinasikan survey, analisis data pengolahan dan peredaran hutan;
n. Melaksanakan telaahan Staf dan pertimbangan kepada atasan sesuai dengan bidang tugasnya;
o. Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi seksi;
p. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan Tugas Pokok dan fungsinya;
Seksi Penatausahaan dan Iuran Hasil Hutan
Seksi Penatausahaan dan Iuran Hasil Hutan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan bimbingan di bidang Penatausahaan dan Iuran Hasil Hutan.
Uraian Tugas Kepala Seksi Penatausahaan dan Iuran Hasil Hutan, adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari perturan perundang – undangan dan ketentuan lainnya yang menyangkut penatausahaan dan iuran hasil hutan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas
b. Menyiapkan rancangan Rencana Strategis Seksi Penatausahaan dan Iuran Hasil Hutan;
c. Menyiapkan rancangan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi Penatausahaan dan Iuran Hasil Hutan;
d. Mengkoordinasikan Rancangan Rencana Strategis dan Rancangan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi Penatausahaan dan Iuran Hasil Hutan dengan Kepala Bidang Pengusahaan Hutan, Kepala Seksi Pengelolaan dan Pemanfaatan Hutan dan Kepala Seksi Pengolahan dan Peredaran Hasil Hutan;
e. Membina dan mengkoordinir tugas-tugas kerja di seksinya;
f. Membantu Kepala Dinas dalam pembinaan dan pengembangan pegawai dilingkup seksinya;
f. Melaksanakan Pengkajian dan perumusan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelaksanaan Tugas Pekerjaan penatausahaan dan Iuran hasil hutan;
g. Melaksanakan pemantauan, monitoring dan evaluasi Pelaksanaan SOP Seksinya;
h. Melaksanakan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi Penatausahaan dan Iuran Hasil Hutan;
i. Menyiapkan dan melaksanakan bimbingan dan pengendalian Penatausahaan dan Iuran hasil hutan;
j. Membuat rencana pemanfaatan dan pemungutan hasil, hutan kayu dan non kayu;
k. Mengkoordinasikan aktivitas produksi dan peredaran hasil hutan dengan Instansi tekait;
l. Menyusun pedoman penentuan tarif pemungutan hasil hutan berdasarkan ketentuan peraturan yang ada;
m. Melaksanakan telaahan Staf dan pertimbangan kepada atasan sesuai dengan bidang tugasnya;
n. Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi seksi;
o. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan Tugas Pokok dan fungsinya;
Bidang Perlindungan dan Keamanan Hutan
(1) Bidang Perlindungan dan Keamanan Hutan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang mempunyai tugas; membina dan mengkoordinir Kepala Kepala Seksi dilingkup Bidang Perlindungan dan keamanan Hutan, serta Menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan Perlindungan dan keamanan Hutan.
(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Bidang Perlindungan dan Keamanan Hutan, mempunyai fungsi :
a. Penyelenggaraan dan Pengkoordinasian Pembinaan Perlindungan Hutan;
b. Penyelenggaraan dan Pengkoordinasian Pembinaan Keamanan Hutan;
Uraian Tugas Kepala Bidang Perlindungan dan Keamanan Hutan, adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari perturan perundang – undangan dan ketentuan lainnya yang menyangkut perlindungan dan keamanan hutan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas
b. Menyusun Rencana Strategis Bidang Perlindungan dan Keamanan Hutan;
c. Menyusun Rencana Anggaran Satuan Kerja Bidang Perlindungan dan Keamanan hutan;
d. Mengkoordinasikan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Bidang dengan Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas serta Kepala-Kepala Bidang lainnya Lingkup Dinas Kehutanan;
e. Menyelenggarakan Perumusan Penetapan Kinerja Bidang dalam rangka Penetapan Kinerja Dinas Kehutanan;
f. Membina dan Mengkoordinir unit-unit kerja di lingkup Bidang Perlindungan dan Keamanan Hutan;
g. Mendistribusikan Tugas kepada Seksi-Seksi dilingkup Bidang Perlindungan dan Keamanan Hutan;
h. Membantu Kepala Dinas dalam Pembinaan dan Pengembangan Pegawai di lingkup Bidang Perlindungan dan Keamanan Hutan;
i. Menyiapkan Pedoman Penyelenggaraan tugas dilingkup Bidang Perlindungan dan Keamanan Hutan;
j. Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan Penataan dan pengaturan serta perlindungan areal kawasan Hutan dari kegiatan perambahan/penebangan yang potensi mengganggu kelestarian hutan;
k. Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan pemantauan dan perumusan informasi tentang perlindungan dan keamanan hutan;
l. Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan pentunjuk teknis dan umum kepada masyarakat (Perseorangan atau badan hukum) yang memiliki akses pada areal kawasan hutan;
m. Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan pentunjuk teknis dan umum kepada masyarakat (Perseorangan atau badan hukum) untuk memanfaatkan hasil hutan tanpa mengganggu kelestarian hutan;
n. Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan pola kerjasama dengan pemantauan dan evaluasi pihak penerima manfaat dan pemerhati Bidang Pembinaan dan pengusahaan Hutan;
o. Mengkoordinir Penyelenggaraan pendataan dan pemutakhiran data serta informasi Bidang kawasan dan pemetaan Hutan;
p. Melaksanakan telaahan staf dan pertimbangan kepada atasan ;
q. Melakukan Pengawasan Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Bidang ;
r. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Pembinaan dan Pengusahaan Hutan;
s. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Bidang secara berkala;
t. Menyelenggarakan Penyusunan Laporan Akuntabilitas Bidang dalam rangka Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah (LAKIP) Dinas;
u. Membantu kepala Dinas dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Bidang;
v. Melakukan penilaian hasil prestasi kerja dalam DP-3.
Seksi Perlindungan dan Pengendalian Kerusakan Hutan
Seksi Perlindungan dan Pengendalian Kerusakan Hutan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan bimbingan di bidang Perlindungan dan Pengendalian Kerusakan Hutan.
Uraian Tugas Kepala Seksi Perlindungan dan Pengendalian Kerusakan Hutan adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari perturan perundang – undangan dan ketentuan lainnya yang menyangkut perlindungan pengendalian kerusakan hutan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas
b. Menyiapkan rancangan Rencana Strategis Seksi Perlindungan dan Pengendalian Kerusakan Hutan;
c. Menyiapkan rancangan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi Perlindungan dan Pengendalian Kerusakan Hutan;
d. Mengkoordinasikan Rancangan Rencana Strategis dan Rancangan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi Perlindungan dan Pengendalian Kerusakan Hutan dengan Kepala Bidang Perlindungan dan Keamanan Hutan, Kepala Seksi Keamanan Hutan dan Kepala Seksi Kawasan dan Perpetaan Hutan;
e. Membina dan mengkoordinir tugas-tugas kerja di seksinya;
f. Membantu Kepala Dinas dalam pembinaan dan pengembangan pegawai dilingkup seksinya;
g. Melaksanakan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi Perlindungan dan Pengendalian Kerusakan Hutan;
h. Menyiapkan konsep dan melaksanakan Pembinaan dan Pengembangan serta Bimbingan Pelestarian Kawasan Hutan:
i. Melaksanakan dan mengkoordinasikan perumusan kebijakan dan pelaksanaan pembinaan, bimbingan teknis perlindungan dan teknis pengendalian kerusakan hutan;
j. Melaksanakan dan mengkoordinasikan sistem dan metode pelaksanaan pelestarian hutan;
k. Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Seksi;
l. Membantu kepala Dinas dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Seksi Perlindungan dan Pengendalian Kerusakan Hutan;
m. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi secara berkala;
n. Membantu kepala Dinas dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Seksi Perlindungan dan Pengendalian Kerusakan Hutan;
p. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan Tugas Pokok dan fungsinya.
Seksi Kawasan dan Perpetaan Hutan
Seksi Kawasan dan Perpetaan Hutan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan bimbingan di bidang Kawasan dan Perpetaan Hutan.
Uraian Tugas Kepala Seksi Kawasan dan Perpetaan Hutan adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari perturan perundang – undangan dan ketentuan lainnya yang menyangkut Kawasan dan Perkotaan hutan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas
b. Menyiapkan rancangan Rencana Strategis Seksi Kawasan dan Perpetaan Hutan;
c. Menyiapkan rancangan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi Kawasan dan Perpetaan Hutan;
d. Mengkoordinasikan Rancangan Rencana Strategis dan Rancangan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi dengan Kepala Bidang Perlindungan dan Keamanan Hutan, Kepala Seksi Perlindungan dan Pengendalian Kerusakan Hutan dan Kepala Seksi Keamanan Hutan;
e. Melaksanakan Pembinaan dan Pemetaan kawasan hutan;
f. Menyusun Juknis dan Juklak atas semua kegiatan pada bidangnya, dan Menyusun Data Statistik, Data Potensi, Neraca Hutan dan data lainnya;
g. Melaksanakan pengawasan terhadap kesuburan tanah;
h. Melaksanakan pengukuran, pembuatan tata batas hutan dan pemeliharaannya bekerjasama dengan bidang terkait maupun instansi terkait lainnya;
i. Membantu kepala Dinas dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Seksi Perlindungan dan Pengendalian Kerusakan Hutan;
i. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi secara berkala;
j. Membantu kepala Dinas dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Seksi Perlindungan dan Pengendalian Kerusakan Hutan;
k. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan Tugas Pokok dan fungsinya.
Bidang Pembinaan Hutan dan Pemulihan Lahan
(1) Bidang Pembinaan Hutan dan Pemulihan Lahan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang mempunyai tugas; membina dan mengkoordinir Kepala Kepala Seksi dilingkup Bidang Pembinaan Hutan dan Pemulihan Lahan serta Menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan Hutan dan Pemulihan Lahan.
(2) Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Bidang Pembinaan Hutan dan Pemulihan Lahan, mempunyai fungsi :
a. Penyelenggaraan dan Pengkoordinasian Pembinaan Hutan; dan
b. Penyelenggaraan dan Pengkoordinasian Pemulihan lahan Hutan.
Uraian Tugas Kepala Bidang Pembinaan Hutan dan Pemulihan Lahan, adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari perturan perundang – undangan dan ketentuan lainnya yang menyangkut Pembinaan Hutan dan Pemulihan Lahan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas
b. Menyusun Rencana Strategis Bidang Pembinaan Hutan dan Pemulihan Lahan ;
c. Menyusun Rencana Anggaran Satuan Kerja Bidang Pembinaan hutan dan Pemulihan Lahan;
d. Mengkoordinasikan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Bidang dengan Kepala Dinas dan Sekretaris Dinas serta Kepala-Kepala Bidang lainnya Lingkup Dinas Kehutanan;
e. Menyelenggarakan Perumusan Penetapan Kinerja Bidang dalam rangka Penetapan Kinerja Dinas Kehutanan;
f. Membina dan Mengkoordinir unit-unit kerja di lingkup Bidang Pembinaan Hutan dan Pemulihan Lahan;
g. Mendistribusikan Tugas kepada Seksi-Seksi dilingkup Bidang Pembinaan Hutan dan Pemulihan Lahan;
h. Membantu Kepala Dinas dalam Pembinaan dan Pengembangan Pegawai di lingkup Bidang Pembinaan Hutan dan Pemulihan Lahan;
i. Merumuskan Pedoman Penyelenggaraan tugas dilingkup Bidang Pembinaan Hutan dan Pemulihan Lahan;
j. Membina dan Mengawasi kegiatan bidang hutan kemasyarakatan, kawasan hutan dan pengolahan hutan;
j. Melaksanakan Pembinaan dan Pengawasan pelaksanaan kegiatan penghijauan dan konservasi Tanah serta pembinaan pengembangan Aneka Usaha Kehutanan;
k. Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan pentunjuk teknis dan umum kepada masyarakat (Perseorangan atau badan hukum) yang memiliki akses pada areal kawasan hutan;
l. Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan pentunjuk teknis dan umum kepada masyarakat (Perseorangan atau badan hukum) untuk memanfaatkan hasil hutan tanpa mengganggu kelestarian hutan;
m. Menyelenggarakan dan mengkoordinasikan pola kerjasama dengan pemantauan dan evaluasi fihak penerima manfaat dan pemerhati Bidang Pembinaan dan pengusahaan Hutan;
n. Mengkoordinir Penyelenggaraan pembinaan, konservasi dan aneka usaha hutan;
o. Melaksanakan telaahan staf dan pertimbangan kepada atasan ;
p. Melakukan Pengawasan Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi Bidang ;
q. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi Bidang Pembinaan dan Pengusahaan Hutan;
r. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Bidang secara berkala;
s. Menyelenggarakan Penyusunan Laporan Akuntabilitas Bidang dalam rangka Laporan Akuntabilitas Instansi Pemerintah (LAKIP) Dinas;
t. Membantu kepala Dinas dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Bidang; dan
u. Melakukan penilaian hasil prestasi kerja dalam DP-3.
Seksi Konservasi
Seksi Pengelolaan dan Pemanfaatan Hutan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan bimbingan di bidang Pengelolaan dan Pemanfaatan Hutan.
Pasal 32
Uraian Tugas Kepala Seksi Konservasi adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari perturan perundang – undangan dan ketentuan lainnya yang menyangkut Konservasi untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas
b. Menyiapkan rancangan Rencana Strategis Seksi Konservasi;
c. Menyiapkan rancangan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi Konservasi;
b. Mengkoordinasikan Rancangan Rencana Strategis dan Rancangan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi Konservasi dengan Kepala Bidang Perlindungan dan Keamanan Hutan, Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan serta Kepala Seksi Aneka Usaha Hutan dan Perhutanan Sosial;
c. Membina dan mengkoordinir tugas-tugas kerja di seksinya;
d. Membantu Kepala Dinas dalam pembinaan dan pengembangan pegawai dilingkup seksinya;
e. Melaksanakan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi Konservasi;
f. Melaksanakan Pengkajian dan perumusan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelaksanaan Tugas Pekerjaan Pembinaan dan Pengembangan serta Bimbingan Teknis Konservasi Hutan;
g. Melaksanakan pemantauan, monitoring dan evaluasi Pelaksanaan SOP Seksi-nya;
h. Menyiapkan konsep dan melaksanakan Pembinaan dan Pengembangan serta Bimbingan KonservasiHutan:
i. Melaksanakan penataan pemeliharaan dan rekonstruksi batas-batas kawasan hutan;
j. Melaksanakan kegiatan, bimbingan dan pembinaan pengadaan benih dan bibit tanaman;
k. Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Seksi;
l. Membantu kepala Dinas dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Seksi Konservasi;
m. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi secara berkala;
n. Membantu kepala Dinas dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Seksi Konservasi;
p. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan Tugas Pokok dan fungsinya.

Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan
Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan bimbingan di bidang Rehabilitasi Hutan dan Lahan.
Uraian Tugas Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan adalah sebagai berikut :
a. Mempelajari perturan perundang – undangan dan ketentuan lainnya yang menyangkut Rehabilitasi Hutan dan Lahan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas
b. Menyiapkan rancangan Rencana Strategis Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan;
c. Menyiapkan rancangan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan;
d. Mengkoordinasikan Rancangan Rencana Strategis dan Rancangan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi dengan Kepala Bidang Perlindungan dan Keamanan Hutan, Kepala Seksi Konservasi dan Kepala Seksi Aneka Usaha Hutan dan Perhutanan Sosial;
e. Melaksanakan Penghijauan dan Pengawasan pelaksanaan kegiatan pengendalian gangguan keamanan hutan dan lahan;
f. Melaksanakan kegiatan pembinaan dan bimbingan rehabilitasi hutan dan lahan;
g. Melaksanakan inventarisasi hutan, lahan kritis dan peladang berpindah-pindah/perambah hutan;
h. Merehabilitasi kembali hutan dengan menanam bibit yang diakibatkan oleh kebakaran hutan;
i. Membantu kepala Dinas dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan;
j. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi secara berkala;
k. Membantu kepala Dinas dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan; dan
l. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan Tugas Pokok dan fungsinya.
Seksi Aneka Usaha dan Perhutanan Sosial
Seksi Aneka Usaha dan Perhutanan Sosial dipimpin oleh seorang Kepala Seksi, mempunyai tugas melaksanakan pembinaan dan bimbingan di bidang Aneka Usaha dan Perhutanan Sosial.
Uraian Tugas Kepala Seksi Aneka Usaha dan Perhutanan Sosial, adalah sebagai berikut:
a. Mempelajari perturan perundang – undangan dan ketentuan lainnya yang menyangkut Aneka Usaha dan Perhutanan Sosial untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas
b. Menyiapkan rancangan Rencana Strategis Seksi Aneka Usaha dan Perhutanan Sosial;
c. Menyiapkan rancangan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi Aneka Usaha dan Perhutanan Sosial;
d. Mengkoordinasikan Rancangan Rencana Strategis dan Rancangan Rencana
Anggaran Satuan Kerja Seksi dengan Kepala Bidang Perlindungan dan Keamanan Hutan, Kepala Seksi Konservasi dan Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan;
e. Menyusun bahan bimbingan pelaksanaan peredaran dan pemasaran hasil hutan, hutan rakyat, pelebahan, persutraan alam dan aneka usaha kehutanan lainnya
f. Melakukan pemeriksaan / penerbitan terhadap peredaran hasil hutan kayu atas bahan kayu dalam kabupaten
g. Menerbitkan Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan (SKSHH) baik yang diperdagangkan dalam maupun luar kawasan
h. Melaksanakan penataan Administrasi tentang aneka usaha dan pengolahan hasil Hutan.
j. Melaksanakan pembinaan dan pengawasan produksi terhadap pemegang ijin.
k. Melaksanakan pengembangan usaha ekonomi kepada masyarakat disekitar Kawasan Hutan.
l. Melaksanakan pelayanan prima dan informasi terhadap perijinan Usaha dibidang Kehutanan.
m. Mengevaluasi pelaksanaan Rencana Strategis dan Rencana Anggaran Satuan Kerja Seksi secara berkala;
n. Membantu kepala Dinas dalam menyusun laporan secara berkala terhadap pelaksanaan kegiatan Seksi Aneka Usaha dan Perhutanan Sosial; dan
o. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan Tugas Pokok dan fungsinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar